Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan Tubuh


Pala adalah buah asli Indonesia, namun buah ini termasuk buah yang langka karena tidak bisa tumbuh di semua tempat. Begitu banyak manfaat buah pala yang bisa anda dapat, selain sebagai bumbu dan penyedap masakan ternyata buah pala juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kandungan yang ada di dalam buah pala antara lain :
  1. Senyawa kimia
  2. Energi ( 42 kkal )
  3. Protein ( 0,3 gram )
  4. Lemak ( 0,2 gram )
  5. Karbohidrat ( 10,9 gram )
  6. Minyak atsiri
  7. Zat samak
  8. Zat pati.
  9. Saponin.
  10. Scolopetin.
  11. Miristisin
  12. Elemisi
  13. Enzim lipase
  14. Pektin
  15. Limonene
  16. Asam oleanolat
  17. Gula pati
  18. Zat besi ( 2 miligram )
  19. Kalsium ( 32 miligram )
  20. Vitamin A ( 29 IU )
  21. Vitamin B1 ( 1 miligram )
  22. Vitamin C ( 22 miligram)
Begitu banyak kandungan yang terdapat dalam buah pala, sehingga banyak juga manfaat buah pala yang dapat anda ambil, antara lain : 

Mengobati insomnia
Penyakit tidak bisa tidur atau lebih dikenal dengan insomnia memang penyakit yang bagi banyak orang sangat mengganggu, karena selain mengurangi kualitas istirahat anda juga bisa mengganggu kesehatan. Untuk mengobati insomnia anda bisa memanfaatkan buah pala dengan cara meminum rebusan buah pala sebelum istirahat, atau memakan manisan pala yang sekarang sudah banyak tersedia.

Meningkatkan nafsu makan
Untuk orang tua yang punya masalah dengan anak yang susah makan, buah pala bisa digunakan sebagai alternatif. Karena kandungan enzim lipase yang ada pada buah pala dapat menambah nafsu makan.

Mengobati diabetes
Fakta terbaru senyawa kimia bernama macelignan membuat manfaat buah pala semakin beragam, senyawa ini dibuat untuk obat anti diabetes. Senyawa yang ada di dalam buah pala tersebut bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh juga mencegah komplikasi yang bisa terjadi dari penyakit diabetes.

Mencegah leukimia
Anda bisa gunakan ekstra buah pala untuk mencegah leukimia atau kanker darah. Karena kandungan senyawa yang bernama metanol bisa mencegah sel kanker dalam darah.

Menyehatkan tulang
Kandungan kalsium yang ada di dalam buah pala bisa menyehatkan tulang, sehingga anda bisa mengurangi resiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mengobati masuk angin
Manfaat buah pala juga seperti jahe yaitu, mengobati masuk angin. Caranya dengan meminum air rebusan buah pala. Pala yang mengandung minyak atsiri dipercaya bisa mengurangi kembung dan mengobati masuk angin.

Mengobati hipertensi
Buah pala mengandung mineral dan kalium yang baik digunakan untuk mengobati penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Demikian manfaat buah pala yang dapat anda ambil. Banyak manfaat lain yang bisa anda dapat, karena begitu banyak kandungan yang ada di dalam buah pala. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kesehatan anda.


You may also like