Empat Cara Atasi Komedo Membandel Agar Tak Balik Lagi

0 Comments



Sebelum membahas mengenai cara atasi komedo membandel, alangkah baiknya jika membahas terlebih dahulu pengertian dari komedo itu sendiri.  

Apa Itu Komedo?

Komedo ini hangat sekali diperbincangkan, terutama di kalangan remaja yang sedang mengalami pubertas, pasalnya pada masa pubertas rentan sekali muculnya komedo. Umumnya masyarakat mengartikan komedo sebagai bintik hitam yang muncul pada wajah saja terutama bagian hidung. Namun kenyataannya tidak demikian, komedo memang biasanya muncul pada wajah. 

Tahukah Anda bahwa komedo juga bisa muncul pada bagian tubuh lainnya seperti punggung, dada, lengan, dan bahu. Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat, bisa berupa penyumbatan terbuka maupun tertutup. Komedo yang terbuka disebut sebagai blackhead, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, warna hitam tersebut terjadi akibat penyumbatan pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara. 

Komedo yang tertutup disebut juga whitehead yaitu berupa kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat biasanya terlihat seperti tonjolan kecil-kecil di bawah kulit. Adapun penyebab dari munculnya komedo bermacam-macam, seperti :

  1. Produksi minyak yang berlebihan, ini biasanya terjadi pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas.
  2. Menumpuknya sel kulit mati.
  3. Penyumbatan pori-pori karena sisa make-up dan kotoran.
  4. Polusi udara terutama di siang hari saat cuaca panas.

Hal Yang Dapat Memperparah Komedo

Banyak orang yang melakukan cara instan untuk mempercepat hilangnya komedo, namun tidak memikirkan jangka panjang yang akan terjadi jika penanganannya tidak tepat. Cara instan yang biasanya dilakukan adalah dengan memencetnya, cara seperti ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan karena dapat merangsang komedo tersebut menjadi jerawat bernanah, dan tentu saja menjadikan wajah Anda semakin parah. Yang lebih bahaya lagi bisa menyebabkan infeksi. Sebaiknya Anda berhati-hati dalam menangani masalah komedo ini, carilah cara atasi komedo membandel yang aman.

Cara Atasi Komedo Membandel

Komedo memang akan membuat Anda tidak nyaman dan tidak percaya diri jika tampil di depan orang banyak, namun Anda tidak usah khawatir karena banyak cara yang aman untuk mengatasi komedo membandel tersebut. Berikut cara atasi komedo membandel yang bisa Anda coba : 
  
Menerapkan gaya hidup sehat 

Gaya hidup sehat menjadi syarat wajib cara atasi komedo membandel. Mulai dari istirahat yang cukup sampai mengkonsumsi makanan sehat. Istirahat yang cukup dapat menjadikan tubuh Anda lebih segar dan lebih fit lagi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Makanan sehat yang Anda konsumsi dapat menjadikan sumber energi bagi tubuh Anda, sebaiknya hindari makanan yang mengandung minyak agar Anda terhindar dari komedo. Buah-buahan dan sayur-sayuran sangat dianjurkan agar tubuh Anda terbebas dari penyakit.

Pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah Anda

Komedo biasanya muncul pada kulit wajah yang berminyak, maka pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan kulit Anda. Pembersih wajah yang cocok dengan kulit Anda merupakan cara atasi komedo membandel yang ampuh. Lakukan pengujian selama satu bulan untuk menguji apakah produk pembersih wajah yang Anda gunakan cocok dengan kulit Anda.

Hindari produk yang berbahan Comedogenic
Produk ini biasanya muncul pada bedak padat, alas bedak, susu pembersih dan lain-lain. Cara atasi komedo membandel yang bisa dilakukan adalah sebaiknya Anda memilih alas bedak yang berbahan dasar cairan atau water-based, serum, dan juga gel. Bahan dasar tersebut akan memperkecil kemungkinan tersumbatnya pori-pori.

Periksalah ke dokter
Jika cara atasi komedo membandel di atas dirasa kurang ampuh, sebaiknya Anda segera periksalah ke dokter kulit kepercayaan Anda, biasanya Anda akan dianjurkan untuk melakukan facial dan diberikan obat untuk mengatasi komedo. Jika komedo sudah terlalu banyak dan parah, Anda bisa meminta dokter melakukan teknologi laser.

Pada dasarnya komedo tidak akan menghampiri Anda, jika Anda bisa menjaga kebersihan diri dan menerapkan gaya hidup sehat. Semoga informasi cara atasi komedo membandel ini bisa bermanfaat untuk Anda.


You may also like