Tempat Wisata Menarik Yang Wajib Dikunjungi Di Wonosobo. Dijamin Nggak Akan Nyesel



Wonosobo memiliki tempat wisata menarik dan eksotis yang sayang untuk dilewatkan. Wonosobo terletak di daerah pegunungan, ini yang mengakibatkan udaranya sejuk. Jika Anda berkunjung ke Wonosobo, cobalah untuk mengunjungi tempat wisata menarik di Wonosobo berikut ini, dijamin Anda tidak akan menyesal.
Batu Pandang, Dieng
Batu pandang sekarang menjadi trending topik di sosial media. Selain menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, Batu Pandang juga tempat yang bagus untuk berfoto-foto. Tempat wisata menarik di Wonosobo ini terletak di atas Telaga Warna. Dari sana Anda dapat melihat indahnya Telaga Warna dan pemandangan sekitar yang dihiasi oleh pepohonan dan kabut yang menyelimutinya.

Bukit Sikunir 
Mendengar nama Bukit Sikunir, pasti yang terlintas dibenak Anda adalah golden sunrise-nya. Ya, Bukit Sikunir disebut-sebut sebagai golden sunrise terbaik se-Asia Tenggara, sebab bukit sikunir terletak di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo. Desa tersebut merupakan desa tertinggi di pulau jawa.
Bukit Sikunir memilki ketinggian 2.200 mdpl, tak heran jika ini merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan terbitnya matahari. Biaya yang dikenakan untuk dapat menuju wisata menarik di Wonosobo ini sangatlah murah yaitu hanya Rp 10.000. Perlu waktu sekitar setengah sampai satu jam untuk dapat sampai ke puncak Bukit Sikunir.
Tips penting jika Anda ingin pergi ke Bukit Sikunir yaitu jangan lupa memakai perlengkapan yang hangat, karena di atas puncak udaranya sangat dingin. Dan datanglah saat musim kemarau agar Anda dapat menyaksikan dengan indah terbitnya sang surya.

Gunung Prau
Tidak kalah indahnya dengan Bukit Sikunir, Gunung Prau juga menyajikan keindahan alam dan sunrise-nya yang selalu ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Anda hanya dikenai biaya Rp 10.000 untuk dapat sampai puncaknya. Untuk menuju puncak tempat wisata menarik di Wonosobo ini Anda memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk pemula, dan untuk yang sudah ahli memerlukan waktu sekitar 1,5 jam saja. Gunung Prau terletak di Desa Patak Banteng, Kejajar.
Ada peraturan yang harus Anda patuhi saat berada di wisata menarik ini, yaitu Anda harus mengumpulkan sampah Anda dan membawanya ke bawah jika Anda telah selesai muncak. Jika Anda melanggar peraturan ini, maka Anda akan dikenai denda sekitar Rp 30.000 atau menggantinya dengan beberapa bibit pohon.

Curug Winong
Curug winong ini terletak di Desa Winongsari, Kaliwiro. Curug ini menyajikan air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan. Udaranya yang sejuk dan masih asri membuat Anda betah untuk berlama-lama disini. Jernihnya air yang dingin membuat Anda tak sabar untuk sekedar bermain air atau berendam di dalamnya. Akses menuju tempat wisata menarik di Wonosobo ini cukup sulit, karena Anda harus melewati pemukiman penduduk.
Namun terdapat petunjuk arah yang jelas, sehingga Anda tidak mungkin tersesat. Setelah sampai di tempat parkir sepeda motor, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 300 meter. Perjalanan  yang cukup melelahkan akan terbayar dengan ke-asrian dan keindahan wisata alam Curug Winong.



 Lubang Sewu, Wadaslintang
Lubang sewu atau dikenal dengan grand canyon-nya Wonosobo ini terletak di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang. Lubang Sewu ini  mendadak muncul setelah terjadi kemarau yang mengakibatkan bendungan dari waduk Wadaslintang ini mengalami surut.
Surutnya bendungan ini menjadi berkah untuk warga sekitar, pasalnya Lubang Sewu ini menjadi tempat wisata menarik di Wonosobo yang sangat diminati oleh wisatawan. Bebatuan kapur yang unik dengan banyak lubang menambah keeksotisan tempat ini.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Wonosobo yang wajib Anda kunjungi. Kesejukan dan keramahan alamnya membuat para wisatawan asing maupun lokal ketagihan untuk berkunjung ke Wonosobo. 

Untuk Anda yang belum pernah mengunjungi tempat wisata di Wonosobo, ayo berlibur ke Wonosobo. Dijamin pasti seru dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.


You may also like